10 Manfaat Jahe Merah dan Efek Sampingnya


Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan – Bagaimana cara mengolahnya menjadi ramuan minuman herbal bermanfaat dan adakah efek sampingnya? Jahe merah merupakan tanamah rempah-rempah yang biasa kita jadikan sebagai bahan olahan untuk di minuman dengan di rebus untuk menyegarkan atau meningkatkan stamina tubuh.

Sebetulnya tidak hanya itu saja manfaat yang di miliki jahe merah, ada beberapa manfaat dari jahe untuk berbagai kesehatan tubuh maupun kecantikan. Seperti yang telah saya ringkas dalam artikel kali ini, beberapa manfaat jehe merah sebagai berikut di bawah ini :

Manfaat jahe merah

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

  1. Bermanfaat untuk Meningkatkan Stamina Tubuh

Salah satu khasiat dan manfaat jahe merah bagi kesehatan yaitu untuk meningkatkan stamina tubuh. Khasiat jahe merah ini, secara tradisional telah terbukti mampu meningkatkan stamina tubuh. Tak heran jika kita menembukan obat herbal dalam kemasan buatan pabrik yang menggunakan jahe merah ini sebagai bahan dasarnya. Untuk mendapatkan khasiat jahe merah ini anda tidak perlu mendapatkannya dengan membeli ke toko-toko, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan merebusnya dengan air hangat.

  1. Bermanfaat untuk Mencegah Masuk Angin dan Menghangatkan Tubuh

Kandungan Zat yang terdapat pada jahe ini sangat luar biasa sekali, Alloh SWt tela menciptakannya untuk di jadikan sebagai obat untuk kesehatan tubuh kita salah satunya untuk mencegah masuk angin. Secara turun temurun, jahe merah ini sudah di gunakan oleh manusia terdahulu sampai sekarang sebagai minuman tradisional untuk mencegah masuk angin dan sebagai penghangat tubuh. Rasa hangat dan pedas pada jahe merah berfungsi untuk mencegah atau mengusir masuk angin dan menghangatkan tubuh.

  1. Bermanfaat untuk Melegakan Tenggorokan dan Mengobati Batuk

Manfaat jahe merah untuk kesehatan lainnya yaitu untuk menghilangkan dahak dan melegakan tenggorokan serta mengobati batuk. Jahe merah yang bisa kita rebus atau dalam kemasan yang bisa kita dapatkan di toko-toko dapat mengobati dahak, batuk, dan melegakan tenggorokan.

Jahe merah untuk batuk

Dengan memanfaatkan dan mengkonsumsi jehe sebagai minuman herbal yang di olah dengan di rebus dapat terhindar berbagai macam masalah pada tenggorokan.

  1. Bermanfaat untuk Mencegah Stroke

Penyumbatan pembuluh darah dan kolestrol jahat yang menumpuk dalam tubuh merupakan salah satu penyebab jadinya peyakit stroke. Untuk menghindari semua resiko itu, konsumsilah jahe merah dengan mengolahnya sebagai minuman penghangat setiap hari sebelum tidur.

  1. Bermanfaat untuk Mengobati Rematik

Diantara banyaknya khasiat kesehatan yang terdapat pada jahe merah yaitu sebagai obat herbal untuk rematik. Konsumsilah minuman hangat dengan olahan jahe merah ini setiap hari secara rutin dan teratur.

  1. Bermanfaat untuk Menurunkan Kolestrol

Kadar kolestrol tinggi yang mendekam lama dalam tubuh, jika di biarkan akan berbahaya bagi kesehatan kita. Salah satu dampak atau efek yang di timbulkan kolestrol jahat adalah datangnya penyakit jantung dan stroke. Oleh karenanya, solusi yang tepat dan sederhana yaitu menurunkan kadar kolestrol tinggi dengan memanfaatkan jahe merah sebagai bahan olahan minuman herbal yang di konsumsi setiap hari.

  1. Bermanfaat untuk Menghilangkan Mual atau Mabuk

Mabuk yang saya maksud ini bukanlah mabuk yang di sebabkan mengkonsumsi Alkhol atau minuman keras. Melainkan, efek dari seseorang yang berkenderan dalam mobil atau lain semisalnya. Tidak heran, jika dalam bepergian dalam mobil dengan perjalanan jauh, sering mereka mengkonsumi permen jahe atau minuman jahe dalam kemasan sebelum bepergian dalam berkendara. Ini bertujuan untuk menghindari mual atau mabuk dalam mobil.

  1. Bermanfaat untuk Mencegah Penggumpalan Darah

Kandungan yang di miliki pada jahe merah mengandung Zat gingerol yang bersifat Antikoagulan yang bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah dalam tubuh kita.

  1. Bermanfaat untuk Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan yang terkandung pada jahe merah berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga tubuh terhindar dari berbagai macam bakteri atau kotoran yang masuk lewat udara. Radikal bebas juga berasal dari minuman atau makanan yang di konsumsi oleh kita dalam sehari-hari. Selain antioksidan, ada juga Vitamin C yag terkandung pada jahe merah yang sangat baik untuk mempertahankan kesehatan tubuh kita. Oleh karenanya, konsumsilah setiap hari menjelang malam jahe yang kita buat sendiri ini di rumah dengan mencampurkan madu agar terasa enek di lidah.

  1. Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan

Jika anda menginginkan penurunan berat badan tubuh, tidak usah repot-repot dengan melakukan berbagai cara seperti diet ketat atau macam sebagainya. Cukup dengan olah raga dengan rutin dan teratur, di samping itu juga konsumsilah minuman penghangat tubuh ini setiap hari dengan rutin.

  1. Bermanfaat untuk Menguatkan Daya Tahan Sperma

Kandungan Zat arginine yang terkandung dalam jahe merah bermanfaat untuk menguatkan daya tahan sperma, sehingaa tubuh terasa segar dan kuat dalam menjalankan hubungan intim. Selin itu juga, bermanfaat untuk mencegah terjadinya kemandulan dalam menjalin hubungan intim. Maka dari itu, di sarankan 1 jam sebelum melakaukan hubungan intim, konsumsilah jahe merah ini yang telah di olah menjadi minman herbal.

Cara Mengolah Jahe Merah sebagai Minuman untuk Kesehatan

Minuman wedang jahe merah

Wedang jahe merah

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat jahe merah ini, anda tidak bisa mengkonsumsi secara langsung di makan. Ada cara yang bisa anda lakukan untuk megolah jahe merah ini sebagai minuman herbal, berikut ini cara mengolahnya :

  • Siapkan 3-4 jahe merah
  • Kemudian, anda bisa membakarnya terlebih dahulu jahe merah ini di atas tunggu atau kompor
  • Kupas sampai bersih
  • Setelah itu memarkan menggunakan ulekan batu
  • Rebus jahe merah yang telah di memarkan ini dalam air secukupnya
  • Lalu tuangakan ke dalam cangkir
  • Untuk menambah citra rasa yang lebih sedap, tambahkan 3-5 sendok makan madu, susu dalam kemasan, dan aduk.
  • Selamat Menikmati ^_^

Efek Samping Jahe Merah

di balik manfaat dan khasiat jahe merah yang begitu istimewa, terkadang jahe merah ini memiliki efek samping , namun efek samping jahe merah ini bukan tingkat tinggi tapi efek samping dengan sekala ringan. Beikut di bawah ini penjelasannya.

Efek samping bagi Ibu yang sedang Hamil dan Menyusui

Efek Sampaing pada Ibu Hamil yang mengkonsumsi jehe merah ini masih dalam kontroversial. Ada laporan yang menyatakan, seorang Ibu hamil mengalami keguguran karena mengkonsumsi jahe untuk mengobati penyakit sickness. Penyakit sickness sendiri merupakan keluhan atau masalah pada ibu hamil. Karena dari beberapa penelitian menyatakan bahwa, dengan megkonsumsi jahe dapat mengatasi keluhan atau masalah itu (sickness). Namun resiko ibu hamil yang mengkonsumsi jahe ini sangat sedikit 1 sampai 3 (persen). Untuk ibu yang sedang menyusui juga, alangkah baiknya untuk menghindai mengkonsumsi jahe untuk menghindari resiko yang tidak di inginkan.

Efek Gangguan Pencernaan jika mengkonsumsi jahe merah secara berlebihan akan menimbulkan gejala seperti gastrointesnial yang mana si penderita akan mengalami sering bersendawa dan mulas.

Nah, itulah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda pembaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s